Friday, June 24, 2011

Mengenali dan Mengatasi Komedo


Komedo biasanya timbul sebagai akibat dari timbunan sel kulit mati, kelenjar minyak yang berlebihan atau sisa make-up yang tidak dibersihkan dan akhirnya menyumbat pori-pori wajah. Komedo biasanya bermunculan di area T wajah, yaitu dahi dan hidung yang produksi minyaknya banyak. Komedo adalah tahap awal terjadinya jerawat. Jika tumpukan komedo terkena bakteri akan terjadi pembengkakan dan timbullah jerawat.

Ada dua macam komedo, yaitu whitehead dan blackheads.
Pertama: Komedo tertutup (whitehead) tampak seperti kulit yang tumbuh diatas pori pori yang tersumbat, sehingga seperti tonjolan putih kecil di bawah kulit.Whitehead berupa kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih atau kekuningan. White heads sering kali muncul di wajah kita, dan membuat kulit kita menjadi terlihat kasar dan kusam. Belum dapat dipastikan penyebab dari komedo putih itu,tetapi para ahli kulit ataupun kecantikan,hal itu disebabkan oleh minyak di pori-pori wajah kita,jika pori pori kita menutup maka si bakteri akan tetap berada di bawah kulit. Nah itu yang menyebabkan  komedo tumbuh dan berkembang di kulit wajah kita.

Kedua:  Komedo terbuka (blackhead) adalah whitehead yang menghitam karena penumpukan debu dan kotoran. Blackhead tampak seperti pori pori yang membesar dan menghitam.

Pencegahan dan Pengobatan
  • Wajah dibersihan minimal dua kali dalam sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis wajah kita,supaya bisa membuka penyumbatan.
  • Seminggu sekali bersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung salicylic acid atau scrup kulit wajah.
  • Penguapan wajah sekali dalam seminggu, supaya pori pori kulit kita terbuka dan kotoran yang tersumbat bisa dikeluarkan dengan mudah. Penguapan juga berfungsi untuk mengembalikan sel kulit kita yang mati. Bisa juga dilanjutkan dengan scrub, peeling dan masker untuk kulit berminyak.
  • Gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak yang berlebihan pada wajah.
  • Gunakan plester pore strip untuk menghilangkan komedo terbuka.
  • Kita dapat mengeluarkan komedo menggunakan ekstrator comedone yang bisa dibeli di toko kosmetik. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan komedo putih dan juga minyak berlebih yang menumpuk di kulit wajah kita.
  • Untuk komedo tertutup, pakai obat jerawat yang mengandung salicylic acid.
  • Basuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori pori.
Salam Cantik,

Phi3ana 
Mau mendapatkan penghasilan sampingan dengan modal mini hasil maksi? ini yang paling tepat ada duitnya: www.momsidejob.com
Ingin mendapat tambahan penghasilan dari bekerja dirumah? klik disini  
Ingin pensiun dini dengan tenang dan meraih kebebasan finansial? disini tempatnya.

No comments:

Post a Comment